Friday, April 4, 2008

Planet

Hari Senin pagi, tanggal 31 Maret 2008.


Sebelum berangkat kerja aku menyempatkan diri menggotong teleskop ke halaman belakang rumah. Sebuah "bintang" yang cukup terang menarik perhatianku. Letaknya tak terlalu jauh dari bulan setengah yang masih jelas terlihat di atas kepala. Ketika "bintang" itu aku intip dengan teleskop, ternyata bentuknya bundar dan tidak memancarkan cahaya yang menyilaukan seperti layaknya bintang. Warnanya putih agak keabuan. Aku segera tahu, ini pastilah sebuah planet. Saat itu yang terpikir adalah : Venus ? Tapi setelah membuka Stellarium, aku menjadi yakin bahwa planet itu ternyata adalah Jupiter. Hari Selasa pagi keesokan harinya, aku kembali mengamati sang Jupiter. Kali ini aku dapat melihat garis-garis melintang dipermukaannya yang merupakan tanda khas Jupiter.

(Gambar dari : http://nssdc.gsfc.nasa.gov/)

Kemudian siangnya aku mendapat pinjaman sebuah lensa Barlow dari seorang teman. Selasa malam aku kembali berburu planet. Kali ini tanpa sengaja aku menemukan Saturnus. Tampak cincin Saturnus yang terkenal itu, dan gambarnya semakin besar setelah aku menambahkan lensa Barlow pinjaman.


(Gambar dari : http://nssdc.gsfc.nasa.gov/)

Ini adalah pengalaman pertamaku melihat planet dengan teleskop. Sungguh pengalaman yang berkesan. Sukar dilukiskan dengan kata-kata. Akhirnya planet-planet yang selama ini hanya kulihat gambarnya bisa kusaksikan secara langsung melalui teleskop.

No comments: